Sabtu, 30 November 2013

Tutorial Camera Modeling ( BLENDER )


Kali ini saya akan melanjutkan bahasan sebelumnya tentang Camera Modelling. Disini saya akan menjelaskan mengenai Tools yang saya gunakan dalam pembuatan objek 3D camera dengan menggunakan software Blender. Pembuatan objek 3D ini lebih kepada proses saat Render ( Rendering ). Blender merupakan software berbasis OpenSource yang bisa digunakan untuk modeling, texturing, lighting, animasi dan video post processing 3D. Kelebihan yang dituangkan oleh Blender ini berupa dapat membuat game tanpa menggunakan program. Hal ini dibuat karena berkaitan dengan tugas mata kuliah Softskill ( Desain Grafik ) yang nantinya akan dipresentasikan.
Berikut langkah – langkah proses kerjanya :
1.      Klik Start – All Program – Blender (klik 2x shortcut Blender jika dibuat shortcut pada desktop ) sampai muncul tampilan awal Blender
2.   Pilih menu USER PREFERENCES agar dapat mengerjakan sesuatu pada blender
      3.   Pada VIEW ROTATION, aktifkan auto perspektif agar dapat melihat tampilan objek yang
            dibuat sesuai keinginan. Caranya : klik kanan pada garis perpaduan menu dengan tanda arah
            panah atas dan bawah, kemudian pilih split area – klik kanan pilih join area

      4.   Untuk membuat objek dasar 3d nya pada blender, pilih menu ADD - MESH ,Misalkan cube
            (untuk membuat objek bentuk kubus). MESH adalah objek terdiri dari  Polygonal Faces
            (bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul).



      5.   Kemudian, jika ingin menggeser objek atau memindahkan objek pastikan pada posisi objek
            mode dan apabila akan mengedit objek kita pilih edit mode

 
      6.   Dalam menggeser atau merubah ukuran objek, klik tanda segitiga atau translate manipulator
            mode untuk menggeser objek, diteruskan dengan rotate manipulator mode untuk memutar
            objek dan scale manipulator mode untuk merubah ukuran kemudian dengan mengklik kursor
            arah x, y,z

     
       7.   Untuk mengedit objek yang sudah dibuat, caranya klik kanan pada objek dengan cara mode
            objek dijadikan sebagai edit mode – pilih bagian yang akan diedit



       8.  Untuk melihat hasil yang telah dibuat, render project dengan memilih menu render – pilih
            render current frame atau ktik F12 pada keyboard, hasilnya seperti gambar dibawah ini :




         9.  RENDER merupakan tampilan hasil kamera view . Agar hasil render sesuai yang
             diharapkan  maka perlu di set posisi cameranya dengan menggeser camera sesuai posisi yang
             diinginkan ( ingat posisi yang akan terekam adalah yang tampil pada kotak terkecil tampilan
             sebelah kiri dibawah ini )


         10.  Maka tampilan render akan berupa objek terlihat penuh


         11.  Simpan project dalam bentuk file .blend , pilih menu file klik save as beri nama file

Shortcut yang digunakan pada Blender :

F1 untuk membuka file
F2 untuk menyimpan file
F3 untuk Menyimpan gambar
F4 untuk tombol lampu
F5 untuk material
F6 untuk texture
F7 untuk animasi
F8 untuk real time
F9 untuk mengedit
F10 untuk menampilkan
F11 untuk hasil render terakhir
F12 untuk Render
I untuk membuat variasi memasukan animasi pada objek
Alt +U untuk melihat hasil pekerjaan sebelumnya
Alt + C untuk menconvert meshes , text dan curve 


http://rizkiekasatria.wordpress.com/2010/12/20/ttrblende/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar