BAB 3
TOOL dan PEMBUTAN MODELING
Dari
ke dua modeling yang telah kami dapat. Kami ingin mempresentasikan mengenai
texture modelling. Untuk pembuatan Modelling yang kami dapatkan kami menggunakan
softwere Blender.berikut ini sejarah singkat Softwere Blender.
Ø Sejarah Blender
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai
perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah
berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan
salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain
bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan
software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah
software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender
memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada
tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk
mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk
menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis
dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai
dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi
perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya,
Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif.
Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu
mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap
pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang
ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang
bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu
mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun
2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.
Pengembangan Blender tersu berlanjut hingga saat ini.
Ø Konsep Texture Mapping
Texture mapping merupakan teknik
pemetaan sebuah tekstur pada pola gambar wireframe, dimana wireframe yang telah
dibuat akan ditampilkan memiliki kulit luar seperti tekstur yang diinginkan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian tekstur, diantaranya:
Menentukan
tekstur
1. Membaca atau membangkitkan tekstur
2. Menandai tekstur
3. Mengenablekan tekstur
Menandai
koordinat tekstur pada vertek
Menentukan
parameter tekstur
Untuk pengimplementasinya kami
menggunakan konsep texture pada suatu tample (candi). Di sini kami membuat
suatu texture relief dari suatu candi. Berikut ini kerangka pembuatannya:
1. Membuat
objek cube sebagai dinding relief
2. Memberi
texture pada cube dengan teknik UV mapping
3. Memberikan
texture image seperti UV yang dipakai
4. Memberikan
beberapa texture guna menambah kesan real dari relief.
5. Merender
hasil dengan beberapa sudut camera.
Untuk aplikasi yang kami pakai dalam pembuatan model
ini adalah aplikasi BLENDER 2.65. berikut ini tools ada aplikasi Blender:
Dan disini untuk mengedit texture
material
Basic Shortcut pada Blender
Blender Shortcut
(from:
Hiza Ro)
1.
Memilih obyek: klik kanan
2.
Multiple obyek: shift +
klik kanan
3.
Select/Deselect All: A
4.
Tools Shelf Toggle: Shortcut:
T
Menampilkan
Tools Shelf
5.
Menghapus obyek (vertex, edge, face): x
6.
Properties Panel Toggle: Shortcut:
N
Menampilkan Properties Panel
7.
Set Center: Shortcut: Shift
+ CTRL + Alt + C
Gunakan menu ini untuk select Center New, Center
Cursor atau ObData to Center
8.
Circle Select: Shortcut: C
Untuk
seleksi Circle/bundar
9.
Marquee Zoom: Shortcut: Shift
+ B, lalu LMB-drag
Untuk
zoom obyek dengan seleksi kotak
10. Quick
Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut:
CTRL+TAB
Dalam
edit mode gunakan ini untuk mempercepat perpindahan seleksi
11. Isolate
your Model in 3D: Shortcut: Alt + B dan LMB-drag
Lalu,
rotasikan di 3D view untuk melihat "3D projection" isolated model.
Tekan Alt + B lagi untuk mengembalikan ke posisi
normal.
12. Transform
Hotkeys
G = Move
(Grab)
R = Rotate
S =
Scale
Alt + G
= Reset Position
Alt + R
= Reset Rotation
Alt + S = Reset
Scale
13.
Add:
Shift + A
14.
Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q
15.
Loop Cut (Masuk Edit Mode (Tab)): Ctrl+R