Kali
ini saya akan melanjutkan bahasan sebelumnya tentang Camera Modelling. Disini
saya akan menjelaskan mengenai Tools yang saya gunakan dalam pembuatan objek 3D
camera dengan menggunakan software Blender. Pembuatan objek 3D ini lebih kepada
proses saat Render ( Rendering ). Blender merupakan software berbasis
OpenSource yang bisa digunakan untuk modeling, texturing, lighting, animasi dan
video post processing 3D. Kelebihan yang dituangkan oleh Blender ini berupa
dapat membuat game tanpa menggunakan program. Hal ini dibuat karena berkaitan
dengan tugas mata kuliah Softskill ( Desain Grafik ) yang nantinya akan
dipresentasikan.
Berikut
langkah – langkah proses kerjanya :
1.
Klik Start – All Program – Blender (klik 2x shortcut
Blender jika dibuat shortcut pada desktop ) sampai muncul tampilan awal Blender
2. Pilih menu USER PREFERENCES agar dapat mengerjakan
sesuatu pada blender
3. Pada VIEW ROTATION, aktifkan auto perspektif agar dapat melihat tampilan
objek yangdibuat sesuai keinginan. Caranya : klik kanan pada garis perpaduan menu dengan tanda arah
panah atas dan bawah, kemudian pilih split area – klik kanan pilih join area
4. Untuk membuat objek dasar 3d nya pada blender, pilih menu ADD - MESH ,Misalkan cube
(untuk membuat objek bentuk kubus). MESH adalah objek terdiri dari Polygonal Faces
(bidang), Edges (batas / garis) dan Vertices (simpul).
5. Kemudian, jika ingin menggeser objek atau memindahkan objek pastikan pada posisi objek
mode dan apabila akan mengedit objek kita pilih edit mode
6. Dalam menggeser atau merubah ukuran objek, klik tanda segitiga atau translate manipulator
mode untuk menggeser objek, diteruskan dengan rotate manipulator mode untuk memutar
objek dan scale manipulator mode untuk merubah ukuran kemudian dengan mengklik kursor
arah x, y,z
7. Untuk mengedit objek yang sudah dibuat, caranya klik kanan pada objek dengan cara mode
objek dijadikan sebagai edit mode – pilih bagian yang akan diedit
8. Untuk melihat hasil yang telah dibuat, render project dengan memilih menu render – pilih
render current frame atau ktik F12 pada keyboard, hasilnya seperti gambar dibawah ini :
9. RENDER merupakan tampilan hasil kamera view . Agar hasil render sesuai yang
diharapkan maka perlu di set posisi cameranya dengan menggeser camera sesuai posisi yang
diinginkan ( ingat posisi yang akan terekam adalah yang tampil pada kotak terkecil tampilan
sebelah kiri dibawah ini )
10. Maka tampilan render akan berupa objek terlihat penuh
11. Simpan project dalam bentuk file .blend , pilih menu file klik save as beri nama file
Shortcut yang digunakan pada Blender :
F1 untuk membuka file
F2 untuk menyimpan file
F3 untuk Menyimpan gambar
F4 untuk tombol lampu
F5 untuk material
F6 untuk texture
F7 untuk animasi
F8 untuk real time
F9 untuk mengedit
F10 untuk menampilkan
F11 untuk hasil render terakhir
F12 untuk Render
I untuk membuat variasi memasukan animasi pada objek
Alt +U untuk melihat hasil pekerjaan sebelumnya
Alt + C untuk menconvert meshes , text dan curve
http://rizkiekasatria.wordpress.com/2010/12/20/ttrblende/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar