Selasa, 14 Januari 2014

Part 3 E-Book


BAB 3
TOOL dan PEMBUTAN MODELING

Dari ke dua modeling yang telah kami dapat. Kami ingin mempresentasikan mengenai texture modelling. Untuk pembuatan Modelling yang kami dapatkan kami menggunakan softwere Blender.berikut ini sejarah singkat Softwere Blender.

Ø  Sejarah Blender

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender tersu berlanjut hingga saat ini.

Ø  Konsep Texture Mapping
Texture mapping merupakan teknik pemetaan sebuah tekstur pada pola gambar wireframe, dimana wireframe yang telah dibuat akan ditampilkan memiliki kulit luar seperti tekstur yang diinginkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian tekstur, diantaranya:
  Menentukan tekstur
1. Membaca atau membangkitkan tekstur
2. Menandai tekstur
3. Mengenablekan tekstur
  Menandai koordinat tekstur pada vertek
  Menentukan parameter tekstur

Untuk pengimplementasinya kami menggunakan konsep texture pada suatu tample (candi). Di sini kami membuat suatu texture relief dari suatu candi. Berikut ini kerangka pembuatannya:
1.      Membuat objek cube sebagai dinding relief
2.      Memberi texture pada cube dengan teknik UV mapping
3.      Memberikan texture image seperti UV yang dipakai
4.      Memberikan beberapa texture guna menambah kesan real dari relief.
5.      Merender hasil dengan beberapa sudut camera.
Untuk aplikasi yang kami pakai dalam pembuatan model ini adalah aplikasi BLENDER 2.65. berikut ini tools ada aplikasi Blender:

 

Dan disini untuk mengedit texture material





Basic Shortcut pada Blender

Blender Shortcut (from: Hiza Ro)

1.      Memilih obyek: klik kanan
2.      Multiple obyek: shift + klik kanan
3.      Select/Deselect All: A
4.      Tools Shelf Toggle: Shortcut: T
Menampilkan Tools Shelf
5.      Menghapus obyek (vertex, edge, face): x
6.      Properties Panel Toggle: Shortcut: N
             Menampilkan Properties Panel
7.      Set Center: Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C
            Gunakan menu ini untuk select Center New, Center Cursor atau ObData to Center
8.      Circle Select: Shortcut: C
Untuk seleksi Circle/bundar
9.      Marquee Zoom: Shortcut: Shift + B, lalu LMB-drag
Untuk zoom obyek dengan seleksi kotak
10.  Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB
Dalam edit mode gunakan ini untuk mempercepat perpindahan seleksi
11.  Isolate your Model in 3D: Shortcut: Alt + B dan LMB-drag
Lalu, rotasikan di 3D view untuk melihat "3D projection" isolated model.
Tekan Alt + B lagi untuk mengembalikan ke posisi normal.
12.  Transform Hotkeys
G = Move (Grab)
R = Rotate
S = Scale
Alt + G = Reset Position
Alt + R = Reset Rotation
Alt + S = Reset Scale
13.  Add: Shift + A
14.  Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q
15.   Loop Cut (Masuk Edit Mode (Tab)): Ctrl+R


Tidak ada komentar:

Posting Komentar