Kamis, 24 Januari 2013

SOSIAL MEDIA PADA UNIVERSITAS DI INDONESI

  SOSIAL MEDIA adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual

   Sosial media ini diperuntukkan bagi setiap kalangan baik individu, organisasi dan sebagainya seperti halnya setiap Universitas pasti memiliki berbagai macam sosial media guna mempermudah para user (publik), mahasiswa, dosen mencari dan mendapatkan informasi berupa tulisan,gambar,video yang berkaitan dengan Universitas masing - masing. 

   Kali ini saya akan mengulas dan membandingkan sarana Sosial Media yang dimiliki oleh 2 Universitas yaitu UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT dan UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. Berikut tabelnya :




UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
http://unlam.ac.id
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
http://uinsgd.ac.id
S
O
S
I
A
L
M
E
D
I
A





   Diantara kedua Universitas diatas, Sosial Media yang sama - sama dimiliki keduanya yaitu Wikipedia ( Proyek Kolaborasi ) , Facebook  ( Situs Jejaring Sosial ), Blogspot ( Blog ), Twitter ( Microblog ), Linkedin ( Social network service ).

   Namun ada beberapa Sosial Media yang tidak dimiliki oleh Univ.Lambung Mangkurat tetapi dimiliki oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu Wordpress ( Blog ), Flickr ' Veengle ' Vidgrids' dan Haszysz.net ( Konten ). Biarpun demikian Univ.Lambung Mangkurat memiliki 1 tambahan Sosial Media yang tidak dimiliki UIN SGD Bandung yaitu Google+

    Hal ini menunjukkan bahwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung lebih dominan dalam membagi informasi lewat Sosial Media dibandingkan dengan Univ.Lambung Mangkurat yang hanya memiliki beberapa Sosial Media saja. Walaupun begitu setiap Universitas pasti memiliki Sosial Media meskipun satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan dalam menyebar informasi dan update menggunakan berbagai macam Sosial Media yang ada.